APA YANG MACHIAVELLI LAKUKAN

Cetakan Pertama “Sang Pangeran” karya Niccolo Machiavelli terjemahan dalam Bahasa Inggris

APA YANG MACHIAVELLI LAKUKAN

Penderitaan satu orang adalah sebuah drama; penderitaan sejuta orang adalah sejarah. Satu orang mati adalah tragedi; satu juta orang mati adalah statistik.”

Jika anda hidup disebuah bangsa dimana ada banyak raja-raja yang berkuasa, buas dangan mata lapar akan kekuasaan dan masalah yang tak berujung pangkal? Dengan ada banyak lembaga yang sakit, dengan integritas yang memalukan? Dan anda sebegitu malunya sehingga tak kuasa mengarahkan telunjuk pada mereka semua dan menyadari anda adalah bagian dari sistem yang ada. Maka buang jauh-jauh perasaan itu, yang anda butuhkan adalah seorang Machiavelli.

“Mengapa bisa manusia seperti ini sekarang?” Anda akan mendengar pertanyaan ini dalam hati ketika membaca headline surat kabar. “Sudah hilangkah moralitas?” Maka sadarlah siapa saja yang berbicara tentang moralitas adalah orang yang munafik. Akuilah itu mungkin saja anda bahkan saya.

Di dunia penuh tipu daya maka tak ada yang bisa dipercaya. Hanya diri andalah yang dapat dipercaya. Namun jika anda seorang Machiavelli maka anda harus mendelegasikan semua tugas kotor, kecuali tugas yang disukai.

Ia akan membina sejumlah musuh termasuk dalam lingkungannya, mengapa? Karena saat ini sangat sulit membedakan mana kawan atau lawan. Ciptakan lawan maka akan jelas siapa kawanmu. Sahabat akan keluar disaat sulit, dan sebaiknya anda tahu. Jangan pernah bergerak tanpa teman.

Machiavelli akan melakukan apa yang ia ingin lakukan. Titik. Dan ia secara terang-terangan mengatakan apa yang ia inginkan. Namun akan sangat pengertian kepada orang-orang yang bisa melaksanakan perintahnya. Jangan percaya pemimpin yang membuang tangan kanannya, karena berarti ia hanya punya tangan kiri.

Dan ia tak pernah menyesal. Pangeran tidak pernah salah jadi tak perlu minta maaf. Kebaikan barangkali merupakan imbalan bagi kebaikan, di dunia yang jahat dan tidak adil ini, dimana aspek-aspek  watak manusia tidak simpatik itu perlu diganjar dengan ganjaran-ganjaran dasyat. Tetapi kejahatan mempunyai batas-batas tersendiri, yang harus dicamkan oleh Machiavelli terbesar dan terjahat sekalipun.

Jika anda hidup di Negara penuh kekacauan, seperti Italia di abad ke 15 di mana sang Begawan lahir. Maka pilihlah seorang Machivelli maka segala urusan akan terselesaikan. Namun sama sekali tidak perlu jika hidup dinegara aman sentausa, atau setengah sentausa. Hanya negara chaos. Ingat peringatan saya!!!

“Baik lembaga-lembaga fisik maupun politis selalu berada dalam proses transformasi, yang satu analog terhadap analog yang lain. Karena adalah mungkin untuk merumuskan dalil-dalil yang menggambarkan proses-proses dalam masing-masing bidang.”

-MACHIAVELLI,THE PRINCE-

Tentang tengkuputeh

Cepat seperti angin // Tekun seperti hujan // Bergairah seperti api // Diam seperti gunung // Misterius seperti laut // Kejam seperti badai // Anggun seperti ngarai // Hening seperti hutan // Dalam seperti lembah // Lembut seperti awan // Tangguh seperti karang // Sederhana seperti debu // Menyelimuti seperti udara // Hangat seperti matahari // Luas seperti angkasa // Berserakan seperti debu //
Pos ini dipublikasikan di Buku, Cerita, Cuplikan Sejarah, Data dan Fakta, Mari Berpikir, Opini, Review dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke APA YANG MACHIAVELLI LAKUKAN

  1. abangpay berkata:

    sayangnya negara kita ini memang tidak jelas.. bahkan merumuskan apa yang mengikat kita menjadi satu bangsa saja masih misteri… 🙂

  2. Ping balik: TERIMA KASIH PADA SASTRA | FROM KOETARADJA WITH LOVE

  3. Ping balik: POLITIK ABU NAWAS | Tengkuputeh

  4. Ping balik: KOPI, LEGENDA DAN MITOS | Tengkuputeh

  5. Ping balik: KEJATUHAN SANG (MANTAN) PEJUANG | Tengkuputeh

  6. Ping balik: WABAH MANUSIA | Tengkuputeh

  7. Ping balik: ABU NAWAS MENASEHATI RAJA | Tengkuputeh

  8. Ping balik: PENYEBAB KEMUNDURAN PERADABAN ISLAM | Tengkuputeh

  9. Ping balik: BAJAK LAUT PEMBERONTAK ATAU PEROMPAK | Tengkuputeh

  10. Ping balik: MELANJUTKAN PERJUANGAN | Tengkuputeh

  11. Ping balik: BUSUK | Tengkuputeh

  12. Ping balik: ANAK-ANAK | Tengkuputeh

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.