TEMUKAN MENTOR RAHASIAMU

Umar Kayam

TEMUKAN MENTOR RAHASIAMU

Jikalau anda membaca banyak tulisan dari berbagai penulis, kamu mungkin bisa menemukan seseorang yang paling cocok dengan dirimu. Mungkin penulis ini mengembangkan karakter yang mengingatkan akan dirimu, mengungkapkan hal yang ingin kamu ungkapkan, atau menjalin alur imajinatif yang menghanyutkanmu. Maka kamu dapat menjadikan penulis ini sebagai mentor rahasiamu. Tempat berpaling untuk menciptakan gagasan dan inspirasi.

Jika boleh jujur hampir semua guru terbaik saya tidak pernah bertemu dengan saya. Sejak kecil saya membaca roman Sutan Takdir Alisyahbana, mendapati diri saya belajar lebih banyak tentang apa yang ingin saya katakan dan bagaimana caranya. Saya belajar dari mentor-mentor yang lain seperti Umar Kayam, Ali Hasymi, Gunawan Muhammad dan banyak lagi. Kata-kata mereka membuat saya termotivasi, tertantang, terilhami, dan bergairah.

Mereka adalah ideal model bagi saya dalam menulis, mungkin secara pribadi akan ada banyak ide-ide mereka yang tidak terlalu sama dengan saya. Namun itu wajar karena tidak ada satu manusiapun yang diciptakan sama.

Bagaimana dengan dirimu? Sudahkah memiliki mentor rahasia? Saran saya “Jangan pernah ragu meniru penulis lain, seorang penulis yang tengah mengasah ketrampilannya membutuhkan seorang model. Pada akhirnya kamu akan menemukan dirimu sendiri yang lebih baik, yang lebih berkarakter.

Akhir kata, walaupun sebagai penulis saya belum mencapai karakter paripurna dan masih menggali potensi diri untuk berkembang, begitulah pengalaman saya semoga bermanfaat.

NB : Kepada para mentor, teruslah berkarya dan saya akan selalu membayangi.

Tentang tengkuputeh

Cepat seperti angin // Tekun seperti hujan // Bergairah seperti api // Diam seperti gunung // Misterius seperti laut // Kejam seperti badai // Anggun seperti ngarai // Hening seperti hutan // Dalam seperti lembah // Lembut seperti awan // Tangguh seperti karang // Sederhana seperti debu // Menyelimuti seperti udara // Hangat seperti matahari // Luas seperti angkasa // Berserakan seperti debu //
Pos ini dipublikasikan di Asal Usil, Buku, Kolom, Mari Berpikir, Opini, Pengembangan diri dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke TEMUKAN MENTOR RAHASIAMU

  1. mbadeni berkata:

    Saya sendiri lebih suka menjadikan teman2 blogger atau (betul kata anda) pengalaman orang lain sebagai mentor saya!!! huehuehue..
    selamat hari raya….mohon maap lahir bathin..

  2. tengkuputeh berkata:

    Mohon maaf lahir batin juga mba deni…
    Senang rasanya mba mau berkunjung ke sini….
    Terus terang saya juga menyukai membaca tulisan mba deni…

  3. Neo Agustina berkata:

    wah… ketahuan deh rahasia abang..
    heheheh (^O^)

  4. Ozan berkata:

    Satu lagi yang Bang, banyak membaca..

  5. tengkuputeh berkata:

    Jawab
    Neo ==> Emang ini rahasia, tapi sangat sulit menerapkannya.
    Ozan ==> yups setuju that…

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.