WORDADS BUKAN SOLUSI MENGHASILKAN UANG

Read. see and feel it. Fill your logic as best you can.

WORDADS BUKAN SOLUSI MENGHASILKAN UANG

Bagaimana menghasilkan uang dari wordpress?

Sebagai seorang blogger yang menjalankan blog di platform wordpress, mungkin ada sebuah pertanyaan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog anda? Ada keinginan untuk memperoleh penghasilan lebih atau minimal untuk menutupi biaya hosting. Menulis sebuah blog tentu adalah sebuah hobi, namun alangkah baiknya jika dari hobi tersebut kita memperoleh penghasilan tambahan.

Jika di hati anda terbersit pertanyaan diatas maka saya akan berusaha memberikan panduan untuk menghasilkan uang dari blog wordpress terutama bagi siapapun yang baru memulai dunia blogging dan belum familiar tentang cara memperoleh penghasilan di sini.

Ada dua variasi berbeda dari platform wordpress yaitu antara wordpress.org dan wordpress.com.

Memperoleh penghasilan dari Google Adsense.

Jenis platform wordpress.org dikenal juga dengan self hosted (artinya kita menyewa hosting sendiri di tempat lain). Sebuah blog yang mendaftar di wordpress.org menyimpan data dan isi blog di server sendiri. Ketika memilih menyimpan sendiri dibutuhkan pengetahuan teknis tentang membuat website.

Keuntungan dari self hosted adalah tidak memiliki batasan buat blog anda setelah menginstall wordpress sendiri secara gratis dan yang paling utama memiliki kontrol penuh pada website anda, dapat menghasilkan uang sendiri dengan menggunakan iklan sendiri atau bahkan dapat mendaftar di Google Adsense suatu kelebihan yang tidak anda dapatkan jika memilih menggunakan wordpress.com.

Cara memperoleh penghasilan dari wordpress.com

Jenis platform wordpress.com ada beberapa macam jika anda ingin memperoleh penghasilan yaitu:

  1. WordPress.com gratis. Artinya anda bebas menggunakan hosting situs wordpress secara gratis, namun blog anda harus menggunakan ekstensi wordpress.com sebagai contoh: tengkuputeh.wordpress.com dan file yang tersedia sampai dengan 3 GB. Ketika anda menggunakan ini wordpress akan menempatkan iklan disana tanpa membayar sepeserpun kepada anda;
  2. WordPress.com dengan Personal Plan dengan seharga $4 perbulan ditagih setiap tahun artinya $48, anda dapat menggunakan nama website secara penuh sebagai contoh: tengkuputeh.com. Dengan plan ini anda belum dapat memperoleh penghasilan.
  3. WordPress.com dengan Premium Plan seharga $8 perbulan ditagih $96 pertahun. Dengan plan ini anda dapat memperoleh penghasilan hanya mendaftar melalui WordAds;

    Harga hosting WordPress.com jenis Plan Personal dan Plan Premium (Update Oktober 2020)

  4. WordPress.com dengan Business Plan seharga $27 perbulan ditagih $300 pertahun. Dengan plan ini anda dapat memperoleh penghasilan melalui Wordads serta dapat juga mendaftar di Google Adsense. Tapi karena hosted di wordpress.com maka banyak fitur yang dibatasi.
  5. WordPress.com dengan eCommerce Plan. seharga $45 perbulan ditagih $540 pertahun. Plan ini khusus untuk website yang bergerak pada penjualan online.

    Harga hosting WordPress.com jenis Plan Business dan Plan e-commerce (Update Oktober 2020)

WordAds sebagai sarana memperoleh penghasilan

WordAds sebagai solusi iklan bagi pengguna WordPress.com terutama bagi yang menggunakan Premium Plan. Berbeda dengan Google Adsense yang berdasarkan klik, Word Ads membayar anda berdasarkan impression, jadi semakin banyak lalu lintas ke situs anda maka semakin anda mendapatkan uang banyak.

Untuk mencairkan uang dari WordAds anda harus mendapatkan minimal $100 kemudian dicairkan melalui Paypal

Pengalaman menggunakan WordAds di WordPress.com

Saya diblog ini menggunakan Premium Plan yang mana satu-satunya cara memperoleh penghasilan adalah melalui WordAds. Awalnya saya berharap dengan lalu lintas ke situs ini dapat memperoleh penghasilan yang lumayan, minimal menutupi biaya hosting di WordPress.com.

Grafik Penerimaan situs tengkuputeh.com dari Word Ads (Update Oktober 2020)

Meskipun lalu lintas di situs ini mencapai iklan ratusan ribu (Update sampai Oktober 2020 adalah 906.167 impresi) dalam setahun namun penghasilan yang diperoleh “hanya” beberapa dollar (Update sampai Oktober 2020 adalah 4.43). Keadaan seperti ini jangankan mendapatkan penghasilan lebih untuk menutupi biaya hosting sebesar $96 pertahun saja tidak cukup. Sebagai catatan blog tengkuputeh.com upgrade dari tengkuputeh.wordpress.com (terdaftar 15 Februari 2008) pada bulan April tahun 2017.

WordAds tidak menghasilkan uang bagi situs berbahasa Indonesia.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: WordAds bukan solusi menghasilkan uang dari WordPress terutama bagi situs berbahasa Indonesia karena pembayaran perseribu lalu lintas hanya “dihargai” $0.01. Artinya setiap Satu juta iklan hanya mendapatkan penghasilan $10, ngenes.

Saran saya bagi blogger pemula jika ingin memperoleh penghasilan dapat memilih Jenis platform wordpress.org dikenal juga dengan self hosted sehingga dapat mendaftarkan diri pada Google Adsense yang memiliki penghasilan yang lebih baik.

Penghasilan tengkuputeh.com dari WordAds (Periode Januari-Oktober 2020).

Namun Jenis platform wordpress.com bukan berarti tanpa keunggulan sama sekali. Ada satu kelebihan yaitu dari segi keamanan lebih kuat karena dilindungi oleh WordPress langsung.

Terakhir apapun pilihan anda saya serahkan kembali kepada anda, ditimbang baik dan buruknya sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk diri anda. Sekian dan terima kasih.

Pos ini dipublikasikan di Asal Usil, Kolom, Mari Berpikir dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke WORDADS BUKAN SOLUSI MENGHASILKAN UANG

  1. Ping balik: HOPE FOR PEACE | Tengkuputeh

  2. Ping balik: WHAT HAPPENS IF ABU NAWAS BECOMES A KING | Tengkuputeh

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.