CARA MENGUKUR DAN MENGANALISA TRAFIK WEBSITE MENGUNAKAN ALEXA PAGE RANK

Bagaimanakah kita mengukur kekuatan jangkau sebuah web?

CARA MENGUKUR DAN MENGANALISA TRAFIK WEBSITE MENGUNAKAN ALEXA PAGE RANK

Masa Depan Informasi Digital

Saat ini dunia berkembang dengan sangat bebas, informasi mampu menjangkau siapa saja. Dahulu sebuah pesan hanya bisa diberikan secara cepat dan terbatas. Telegram atau telex memberikan kabar perhuruf sudah lama mati, adakalanya seorang anak terkejut ketika mendapat sebuah kertas bisa dikirim dengan persis melalui mesin fax, maka ingatlah zaman itu sudah berlalu. Atau ketika berjamurnya warung telekomunikasi (wartel) dengan KBU (Kamar Berbicara Umum) memang belum terlalu lama berlalu namun seolah sudah berabad berlalu.

Beberapa tahun belakangan telepon pintar menjadi sebuah perangkat yang mendominasi manusia modern, serta muncul bermacam aplikasi khususnya aplikasi majalah yang interaktif, misalnya kemampuan menentukan posisi pembaca berada. Masa depan media cetak diujung tanduk, banyak percetakan menjadi tutup. Berbagai media cetak beradaptasi dengan segera meluncurkan versi digital dengan keyakinan orang masih membutuhkan Koran sebagai informasi dan masih dianggap berharga.

Fenomena ini juga diikuti dengan menjamurnya media online, web atau bahkan blog yang menyapa siapa saja. Sebuah postingan di Aceh Besar (Indonesia) bisa hadir dengan ramah dalam hitungan detik di Kingston (Jamaica). Dunia menjadi lalu lintas informasi yang ramai dan bebas, maka setiap pembaca diharapkan cerdas memilah dan memilih informasi.

Sebagai seorang pembaca atau seorang penulis di web, timbul sebuah pertanyaan bagaimanakah kita mengukur kekuatan jangkau sebuah web?

Mengukur dan menganalisa kekuatan daya jangkau trafik website melalui Alexa Page Rank

Alexa adalah sebuah perusahaan independen berdiri tahun 1996 kemudian diakuisisi oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan dianalisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan web / blog kepada pembacanya. Sebelumnya Alexa juga merupakan mensin pencari (seperti google) namun dihentikan pada tahun 2008. Tercatat di tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, rangking situs web secara global maupun Negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs Alexa sendiri dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan dianalisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan web / blog kepada pembacanya.

Bagaimana caranya? Sangat sederhana, masuk ke https://www.alexa.com/siteinfo dan masukkan alamat web kemudian find. Disitu akan muncul rangking sebuah web secara internasional maupun negara.

Peringkat global situs https://tengkuputeh.com kondisi 3 Oktober 2017 pukul 19.30 WIB

Contohnya kita masukkan alamat laman ini https://tengkuputeh.com maka muncul hasil Global Rank : 7,389,025 (naik 6,281,705 dari tiga bulan sebelumnya), laman ini diketahui masuk rangking 158,906 di Indonesia.

Jumlah pengunjung terbanyak situs berdasarkan negara https://tengkuputeh.com tanggal 3 Oktober 2017 pukul 19.30 WIB.

Berdasarkan Visitors by Country https://tengkuputeh.com paling banyak dikunjungi oleh 85,7 % dari Indonesia. Bagian ini menjelaskan seberapa banyak visitor dari suatu negara. tengkuputeh.com  memiliki 85,7 % visitor dari Indonesia sedang sisanya sekitar 14,3 % berasal dari negara selain Indonesia. Apakah itu orang Indonesia yang berada di luar negeri ataupun memang berasal dari negara lain. Memang untuk berusaha menjawab tantangan zaman tengkuputeh.com menyediakan halaman khusus berbahasa Inggris yang bertajuk : in English.

How engaged are visitors to https://tengkuputeh keadaan tanggal 3 Oktober 2017 pukul 19.30 WIB

Kemudian ada tulisan How engaged are visitors to tengkuputeh.com ?

  1. Bounce Rate: 78.30% (Turun 4%). Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan web setelah hanya membuka halaman utama web / atau halaman tertentu, namun tidak membuka halaman lainnya. Rumus Bounce Rate(Jumlah pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman/Jumlah total kunjungan) x 100%. Jadi semakin tinggi Bounce Rate maka semakin tidak ideal web tersebut, dan begitu juga sebaliknya. Bounce Rate ideal adalah 20% kebawah, dalam hal ini tengkuputeh.com menurut penghitungan Alexa memiliki 78.30% yang artinya setiap 100 kunjungan sekitar 78.30 % hanya mengunjungi satu halaman web
  2. Daily Pageviewes per Visitor 2.0 (Naik 4%) adalah berapa rata-rata halaman yang dikunjungi oleh satu visitor perharinya. Https://tengkuputeh.com memiliki rataan 2.00 artinya jika ada 100 visitor setiap harinya maka ada 200 halaman diakses oleh pengunjung laman ini setiap harinya.
  3. Daily Time on Site 1:29 (Turun 36.00%). Semakin tinggi maka semakin bagus, ini adalah satuan waktu berapa lama rata-rata visitor melihat isi sebuah web, jika sebuah web memiliki konten yang bagus maka akan membuat visitor bertahan lama di web, apalagi jika memiliki konten yang banyak dan bagus-bagus sehingga bermanfaat bagi yang membacanya.

Menurut Alexa 38.40% visitor https://tengkuputeh.com datang dari Search Engine apakah itu berupa google, yahoo, yandex, pinterest dan sebagainya. (Keadaan 3 Oktober 2017 pukul 19.30 WIB)

Where do tengkuputeh.com’s visitors come from? Berdasarkan Search Visits 38.40 % (Naik 22.00%). Ini menjelaskan dari mana datangnya visitor tengkuputeh.com, menurut Alexa 38.40% mencari di Search Engine apakah itu berupa google, yahoo, yandex, pinterest dan sebagainya. Kaitannya ini menguji seberapa kuat SEO (Search Engine Optimization) yaitu sebuah kegiatan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume/jumlah/kepadatan dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Logikanya, web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sebuah anekdot berkata, “tempat paling baik menyembunyikan sesuatu adalah pada halaman kedua Google (mesin pencari utama di dunia).” Semakin baik SEO sebuah web maka semakin tinggi persentase Search Visit. Mengapa? Karena melalui mesin pencari yang disebut juga dengan “trafik alami” tanpa adanya sponsor atau tautan dari media sosial. Artinya seach engine bekerja mengarahkan visitor datang dengan tanpa usaha dan tanpa biaya.

What sites link to https://tengkuputeh.com keadaan 3 Oktober 2017 pukul 19.30 WIB

What sites link to https://tengkuputeh.wordpress.com keadaan 3 Oktober 2017 pukul 19.30 WIB

Terakhir ada beberapa informasi tambahan di bawah: What sites link to tengkuputeh.com? Hasilnya  ada 1 yaitu karangsati.com. Apa yang dimaksud dengan site linking? Secara sederhana adalah situs yang digunakan oleh visitor untuk mengunjungi web tersebut. Kronologi sederhananya adalah sebuah web ditautkan oleh web lain sehingga dapat dikunjungi oleh visitor. https://tengkuputeh.com ditingkatkan dari sebelumnya bernama https://tengkuputeh.wordpress.com pada tanggal 3 April 2017. https://tengkuputeh.wordpress.com sendiri sudah berkiprah sejak 15 Februari 2008 serta telah memiliki 27 site linking. Secara faktual keadaan sebenarnya semua link tersebut akan diarahkan ke https://tengkuputeh.com namun Alexa tidak menghitungnya sebagai site linking.

Similar Websites by Audience Overlap dan Categories with Related Sites https://tengkuputeh.com keadaan 3 Oktober 2017 pukul 19.30

Sedang What sites are related to tengkuputeh.com? Yaitu Similar Websites by Audience Overlap dan Categories with Related Sites masih nihil. Masing-masing dengan jawaban Not enough data for this site dan This site not categorized. Menjelaskan tentang web yang memiliki kesamaan pembaca serta kategori web, dalam hal ini Alexa tidak mampu mencari web yang sama serta kategori tulisan pada web tengkuputeh.com

Penjelasan yang diberikan diatas adalah paket gratis dari Alexa, jika menginginkan informasi lebih detil kita bisa memilih paket berbayar. Namun paling tidak dengan informasi ini, kita bisa mengukur kekuatan daya jangkau sebuah web. Secara ekonomi ataupun kualitas ini bukanlah hal yang utama bagi sebuah web, tapi ketertarikan visitor berkunjung dapat membuat sebuah web menjadi bernilai.

Oleh karena itu selamat menilai.

Advertisements
This entry was posted in Asal Usil and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to CARA MENGUKUR DAN MENGANALISA TRAFIK WEBSITE MENGUNAKAN ALEXA PAGE RANK

  1. wah makasih nih tipsnya untuk analisa traffic

  2. Description says:

    Thanks for great techniques of seo, it’s really useful for me as a beginner and also for SEO Experts..You have explained it amazingly.Keep it up…!!!!!!LikeLike

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s